Friday, March 9, 2012

Dont blame others when they put you in the corner

Hal tidak baik yang aku sendiri sudah eneq ngeliatnya, tapi aku sendiri masih perlu belajar : pada saat terjadi masalah, dan kita dipojokkan oleh situasi atau orang-orang, kita cenderung menyalahkan orang lain.
Itu sering terjadi dilingkungan sekitarku, memang kecenderungan seperti itu.

Sebenarnya untuk apa sih masalah seperti itu ada? Aku pikir untuk membentuk karakter kita. Hal lain yang aku dapat adalah, pada saat kita terpojok dan tidak menyalahkan orang lain, kita akan belajar sesuatu yang berharga untuk kita, menambah nilai plus kita sendiri. Sebaliknya, pada saat kita semakin terpojok semakin kita menyalahkan orang lain, orang lain yang akan belajar tentang kita, yang pasti kita nilai kita menjadi minus dimata mereka.

Hal lain adalah "pojok" gak selalu tempat yang buruk. Pojok buat aku adalah tempat untuk merenung, untuk mencari inspirasi, untuk mengevaluasi diri sendiri. Tempat tenang dimana aku bisa relax dan menikmati hidupku, more privacy dll.

Yah gitu sih, pada saat kita ditempatkan dalam situasi, enak or gak enak, aku percaya bahwa itu bukan hal yang kebetulan. Ada pembelajaran yang bisa kita ambil, dan kita bisa mengevaluasi diri kita sendiri. Tapi semua itu tergantung dengan apakah kita mau mengambil pelajaran itu, atau menyalahkan orang lain and miss pelajaran penting itu :)

No comments:

Post a Comment